Jumat, 11 Maret 2016

Sukses

Jack Ma
Namanya Jack Ma, wajahnya tidak menarik, postur tubuhnya pun jauh dari kata atletis. Lewat penampilan luarnya, akan sangat mudah bagi kita untuk menghinanya, dan, lewat penampilan luarnya, kita akan sulit percaya kalau dia adalah orang terkaya di Republik Rakyat China

Lahir di Zhejiang, China, 52 tahun silam. Ayah dan ibunya adalah seniman jalanan. Pada usia remaja, ia tertarik untuk belajar bahasa Inggris, namun, karena keterbatasan dana, Jack Ma ga bisa ikut kursus bahasa Inggris.
Setiap pagi, Jack pergi mengayuh sepeda ke hotel di kota untuk mencari turis asing, dan mengajak mereka berkeliling kota sambil mengajarkan Jack bahasa inggris. Jack melakoni pekerjaannya ini selama 9 tahun dan pekerjaan ini membuatnya mempunyai banyak sahabat pena di luar negeri.

Pada usia 18 tahun, Jack Ma gagal hingga 3 kali dalam tes masuk perguruan tinggi, hal ini membuatnya terpaksa bersekolah di universitas yang kualitasnya kurang, dan membuat Jack Ma selalu tidak percaya diri menunjukkan ijazahnya.
Ketika Jack Ma lulus kuliah, nasib sial selalu mengikutinya, dia selalu tidak diterima ketika melamar pekerjaan, bahkan, ketika KFC masuk ke China tahun 1995, di kotanya, ada 24 orang yang melamar, dan Jack adalah orang satu-satunya yang tidak diterima.
Tahun 1995, Jack Ma hijrah ke Amerika Serikat untuk mencoba peruntungan di negeri orang, namun Jack tetap sering tidak diterima oleh perusahaan-perusahaan. Sampai suatu ketika, Jack mengenal internet, dan bersama temannya, Jack berselancar di internet. Selama Jack melakukan searching di internet, dia tidak menemukan konten tentang China sama sekali.

Akhirnya, Jack berinisiatif untuk membuat website berbahasa Mandarin, selang beberapa jam setelah pembuatan website tersebut, Jack menerima banyak email berbahasa mandarin yang mengajak Jack berkenalan.
Jack melihat peluang yang besar di dunia maya, dia diberikan tanggungjawab menciptakan website untuk pemerintah RRC, dan memulai bisnis alibaba.com tahun 2000. Setelah sekian lama, pada tahun 2013, alibaba.com mengantarkan Jack Ma dalam posisi puncak orang terkaya di RRC.
 Pasti kita semua pengen sesukses Jack Ma, kebanyakan orang pengen jadi orang kaya, pengen hidup enak, pengen punya mobil mewah, dll. Banyak orang berpikir kesuksesan itu akan datang sendiri jika mereka hanya berharap dan bermimpi tentang kesuksesan tanpa berusaha.
 Semua dari kita harus tahu, kesuksesan itu hanya bisa kita raih melalui kerja keras, pengorbanan, dan keberanian mengambil resiko, jika kita mempunyai sebuah mimpi, dan kita kerja keras juga mengorbankan waktu, tenaga, dan kemampuan kita demi mimpi itu. Kita pasti akan cepat meraih mimpi yang kita impikan.

Seperti Jack Ma yang rela bekerja keras, rela mengorbankan banyak hal demi mimpinya, dan sering gagal di usia muda, hal itulah yang membuat kesuksesan cepat mengarah ke kita. Selagi kita masih muda, kita harus bekerja keras, tekun belajar, dan jangan pernah takut mengambil resiko.
Jangan takut mengambil resiko, kalau kalian berhasil, kalian akan senang, kalau kalian gagal, kalian akan menjadi lebih bijak mengambil keputusan ke depannya.

"Setiap orang punya jatah gagal, selagi muda, habiskan jatah gagalmu"
-Dahlan Iskan

Sekian update gue kali ini, Terimakasih.






4 komentar:

  1. Mantap mel, sgt menginspirasi

    BalasHapus
  2. Bahasan yang menarik, motivatif. Semoga Melki menjadi entrepreneur sukses juga. Tetap semangat belajar otodidak, Melki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Maaf pak, baru terbalas hari ini, terima kasih karena berkenan memberi komentar di blog saya, tetap semangat dalam mengajar ataupun pekerjaan lainnya pak.

      Hapus