Sabtu, 16 Januari 2016

Kidal.

Hey guys, setelah lama gue ga update, kira-kira hampir sebulan, akhirnya gue hadir dan kerinduan kalian akan blog gue pun terbalas sudah. Malam ini tiba-tiba aja gue pengen ngeblog, jadi gue putusin untuk update malam ini.

Mungkin dari judul dan gambar pertama di update-an kali ini kalian udah bisa nebak gue mau balas apa malam ini. Gue pengen bahas beberapa fakta dan kisah hidup gue sebagai orang kidal yang ganteng.

Kidal adalah sebutan bagi orang-orang yang lebih sering menggunakan tangan kiri dibanding tangan kanannya. Mereka lebih sering memakai tangan kiri kalau nulis, main musik, makan, dll. Dalam bahasa inggris, kidal disebut dengan "Left Handed"

Gue kidal sejak lahir, dan papa mama serta adik gue ga ada yang kidal. Menurut penelitian, jika kedua orangtua kidal, kemungkinan akan dihasilkan anak kidal adalah 50%, sementara jika kedua orangtua bukan kidal, kemungkinan itu turun menjadi 2%, itu membuktikan betapa uniknya gue.
Sebagai anak kidal yang ganteng, wajar kalau orang-orang iri sama gue, karena mereka iri, kadang-kadang gue diejek karena gue kidal, pas pertama kali belajar nulis di TK, gue dengan lancar nulis pakai tangan kiri gue karena gue udah pernah diajarin nulis dan membaca di rumah sama nyokap gue.

Saat melihat gue lancar nulis pakai tangan kiri, guru gue berpikir kalau gue main-main dan gue disuruh ganti pakai tangan kanan, sampai pada jam pulang, bokap gue meluruskan ke guru kalau gue benaran kidal.

Pas gue baru masuk SD, gue pernah disuruh guru untuk nulis jawaban gue di depan papan tulis, gue maju dengan percaya diri menggenggam spidol yang gue raih dari tangan guru gue, dan dengan siap menuliskan jawaban gue.

Saat gue udah nulis, satu kelas langsung ribut ngelihat gue pakai tangan kiri, dan ada yang berteriak "Bu Guru! kok dia nulis pakai tangan cebok?," alhasil gue termenung dan merenungkan apa kesalahan gue sampai gue harus dipermalukan di depan kelas seperti itu.

Ejekan-ejekan seperti itu tidak lagi gue alami di SMP, karena orang-orang udah biasa ngelihat gue pakai tangan kiri terus. Pas SMP kelas 2, gue belajar gitar, dan pada awalnya, gue sangat kesusahan belajar gitar pakai tangan kiri. Pas baru beli gitar, gue langsung cari di internet "Gimana cara cepet supaya bisa jago main gitar" dan gue ga mendapat hasil di google, gue lanjut cari dengan "Gimana pencet-pencetan untuk kunci C" dan gue mendapat hasil.

Gue yang udah sangat senang dapat cara mainin kunci C langsung segera ngikutin gambar di internet tersebut. Gue genjreng terus kunci C terebut, namun tiba-tiba gue ngerasa ada yang salah, bunyi kunci C gue jelek banget. Dan gue baru sadar kalau gitar gue senarnya belom di stem dan juga senarnya belom gue balik (gue perlu balikin senarnya upside down dari urutan aslinya karena gue kidal).
Vokalis kesukaan Pak Andeka.
Bagi kalian yang kidal, jangan sedih kalau kalian diejek karena kalian kidal, justru harusnya kalian bangga karena kalian adalah orang-orang unik di dunia ini. Orang kidal punya banyak kelebihan dibanding orang-orang yang tidak kidal di beberapa bidang tertentu.

Menurut beberapa sumber, orang kidal lebih punya jiwa kepemimpinan, karena sense-nya yang kuat dan juga tidak selalu memainkan logika, tercatat 5 dari 7 presiden USA dari tahun 1974 sampai 2015 kidal, ada Ronald Reagan, Barrack Obama, Bill Clinton, dll.
 Penelitian juga bilang kalau orang kidal lebi sering menggunakan otak kanannya dibanding otak kirinya. Otak kanan memiliki fungsi seni, visual spasial, musik , dan juga emosi, menandakan bahwa orang-orang kidal lebih hebat di bidang seni. Sementara orang yang tidak kidal lebih sering menggunakan otak kirinya yang berfungsi lebih banyak untuk logika, dan teori.
Akhir kata, gue pengen mengutip kata-kata dari orang, "Be Yourself", dengan mensyukuri keadaan kita, kita akan lebih mampu untuk mengembangkan kelebihan kita dan meningkatkan kekurangan kita.




1 komentar:

  1. Hahahahhaa memang kebanyakan orang seringkali nganggep apa yang beda dari mereka itu salah

    BalasHapus